Selasa, 15 Februari 2011

Keutamaan Shalawat Atas Nabi Muhammad Saw

Allah SWT berfirman :
إِنَّاللَّهَوَمَلَائِكَتَهُيُصَلُّونَعَلَىالنَّبِيِّيَاأَيُّهَاالَّذِينَآمَنُواصَلُّواعَلَيْهِوَسَلِّمُواتَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.(al-Ahzab:56).
Salawat yang datang dari Allah SWT maka berarti rahmat, kalau datang dari Malaikat berarti istighfar, kalau datang dari orang mukmin bermakna do’a dan pengagungan bagi baginda nabi Muhammad SAW.

Berkata penyair :
أَدِمِ الصَّلاَةَ عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ فَقَبُوْلُهَا حَتْمًا بِـغَيْرِ تَـرَدُّدِ
أَعْمَالُنَا بَيْنَ الْقَبُوْلِ وَ رَدِّهَـا إِلاَّ الصَّلاَةَ عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدِ
Senantiasalah bershalawat atas Nabi Muhammad
Maka sungguh pasti diterima tanpa diragukan lagi
Amalan-amalan kita itu diantara diterima dan ditolak
Kecuali bershalawat atas Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan dari Imam Ahmad dan Nasa’i bahwasannya Rasulullah SAW datang menemui para sahabatnya dan kebahagiaan tampak dari wajah beliau, kemudian sahabat bertanya “wahai Rasulullah, kami melihat wajahmu tampak bahagia” maka Rasulullah menjawab “sungguh telah datang kepadaku malaikat, lalu ia berkata wahai Muhammad ‘apakah tidak membuatmu senang bahwasannya Allah berkata :sesungguhnya tidaklah seorang dari umatmu yang bershalawat atasmu satu kali, melainkan Aku bershalawat atasnya sepuluh kali, dan tidak mereka mengucapkan salam atasmu melainkan aku ucapkan salam atasnya sepuluh kali. Lalu Rasul pun menjawab “iya wahai Tuhanku”.
Imam Muslim, Abu Dawud dan Imam Turmudzi begitu juga Imam nasa’i meriwayatkan dari Abi Hurairah r.a beliau berkata “Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا
Artinya : Barang siapa yang bershalawat atasku satu kali, maka Allah akan bershalawat atasnya sepuluh kali.
عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَـالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ أَوْلَى النَّاسِ بِي يَوْمَ اْلقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً ( رواه الترمذي وابن حبان )

Artinya : orang yang paling utama ( dekat ) disisku pada hari kiamat ialah yang paling banyak bershalawat atasku ( H.R. Turmudzy dan Ibn Hibban )
Berkata al-Imam abul mawahib : aku bermimpi bertemu Rasulullah SAW kemudian aku berkata “wahai Rasulullah, seseorang yang bershalawat atasmu sekali lalu dibalas Allah SWT sepeuluh kali, apakah itu untuk hati orang yang hadir ketika bershalawat atasmu?” kemudian Rasul menjawab “tidak akan tetapi bagi setiap orang yang bershalawat atasku walaupun walaupun ia dalam keadaan lalai, maka Allah akan memberikan kepadanya layaknya gunung-gunung dari malaikat yang berdo’a dan memintakan ampun untuknya. Adapun orang yang bershalawat dengan hati yang hadir, maka tidak ada yang tahu ganjarannya kecuali Allah SWT”.

Faedah-faedah lain dari bershalawat atas Nabi SAW diantara lain :
1. Mendapatkan syafa’at dari Nabi Muhammad SAW.
2. Berlipat ganda pahala.
3. Dicintai Allah SWT dan malaikat juga manusia dan makhluk lain-lainnya.
4. Mengangkatkan derajat.
5. Membersihkan akal dan pikiran.
6. Menyehatkan ruh dan jasad.
7. Melindungi dari bala’ dan bahaya.
8. Mengampunkan dosa.
9. Bertemu dengan Rasulullah SAW didalam mimpi.
10. Menambahkan rizki dzahir dan bathin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar